amanda On Tuesday, January 22, 2019 0 Comments


Berikut ini akan dijelaskan proses maintenance pada printer merk Canon. Sebagai contoh di sini Saya menggunakan printer Canon IP 2770.

Langkah 1
Pastikan driver printer Canon yang kita gunakan sudah ter-install secara benar. Pada saat akan melakukan proses cetak, masuk ke menu Printer Properties. 
Pilih menu Maintenance.
Di bagian Maintenance akan di. Berikut fungsi-fungsi dari menu tersebut :
·         Cleaning : Cleaning dimaksudkan untuk membersihkan plat semprot dengan cara “menyikat” plat semprot secara mekanis oleh karet bergerigi di dalam printer (umumnya ada di sebelah pojok kanan). Jadi hanya untuk menyapu kotoran yang terselip pada plat semprot saja.
·         Deep cleaning : Bedanya deep cleaning adalah 2 kali cleaning, yang berarti pula konsumsi tinta adalah 2 kalinya cleaning. Hati-hati jika menggunakan menu ini karena tanpa terasa tinta akan cepat habis.
·         Print head alignment : Untuk mencari nozzle terbaik dari sebuah print head. Jika kita tidak melakukan ini biasanya saat kita mencetak garis akan terlihat patah-patah atau bengkok. Atau jika kita cetak foto, komposisi warnanya seperti bergeser.
·         Nozzle check : Digunakan jika kita ingin mengetahui apakah nozzle print head sudah ada yang cacat apa belum. Jika menu tersebut kita eksekusi maka printer akan mencetak kotak-kotak pattern. Jika kotak-kotak tidak lengkap atau bengkok atau blok warna bergaris putih itu menandakan nozzle ada yang cacat.
·         Bottom plate cleaning digunakan untuk membersihkan roller yang dilewati oleh kertas. Jika menu ini kita eksekusi maka harus ada kertas, karena printer akan membersihkan rooler dengan kertas tersebut.
 ·         Roller cleaning digunakan untuk membersihkan roller yang dilewati oleh kertas. Jika menu ini kita eksekusi maka harus ada kertas, karena printer akan membersihkan rooler dengan kertas.

Langkah 2
1.    Pilihlah menu sesuai dengan kebutuhan perawatan printer dan ikuti langkah-langkahnya hingga selesai. Sebagai contoh di sini Saya memilih menu Cleaning.

2.    Setelah menu Cleaning diklik, akan ada pilihan tipe tinta yang ingin dibersihkan.
Jika ingin membersikan cartridge pada semua tipe tinta pilih “All Colors”, Jika hanya ingin membersihkan cartridge hitam pilih “Black” dan jika ingin membersihkan cartridge tinta warna pilih “Color”.

Langkah 3
Kemudian klik Execute. Klik OK jika ada tampilan seperti di bawah.

Langkah 4
Untuk melakukan pengecekan hasil dari proses Cleaning, klik Print Check Pattern.

Printer akan melakukan proses cetak, pastikan hasil yang keluar sesuai dengan tampilan sebelah kiri.
Jika hasil yang didapat tidak sesuai dengan contoh gambar di sebelah kiri, kita bisa melakukan proses cleaning lagi sampai hasil cetak sesuai dengan yang diinginkan.Itulah cara perawatan printer Canon dengan menggunakan menu Maintenance


0 comments:

Post a Comment